Dalam dunia seni, kolase bukanlah hal yang asing. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan, kolase adalah komposisi artistik dari berbagai bahan (kain, kertas, kayu) yang ditempelkan pada permukaan gambar.
Pada perspektif lain, kolase dapat pula diinterpretasikan sebagai tiga suku kata mewakili potret tiga sudut kehidupan. Ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kombinasi tiga sudut ini kemudian tertaut oleh unsur linear dan menjadi satu kesatuan yang utuh.
Inilah mula dari keputusan penggunaan nama Kolase.id. Sebagai sebuah media siber, Kolase.id lahir pada 11 Maret 2022 dari rahim PT Komunikasi Lanskap Semesta. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pers atau kantor berita swasta.
Kehadirannya ditandai oleh sebuah diskursus yang holistik. Media siber ini berupaya menyajikan berita dan informasi dengan segmen khusus dari tiga sudut hidup. Sudut kepentingan ekonomi, sosial, dan sudut lingkungan. Dasar pemikirannya menyasar pada lemahnya sentuhan media siber pada ketiga isu dimaksud.
Padahal, isu ini sudah menjadi pembahasan global. Legenda yang melekat di setiap ruang rancang bangun mayoritas negara-negara di dunia adalah Sustainable Development Goals (SDGs). Bahkan, SDGs di Indonesia sudah menyasar hingga ke desa-desa.
Guna menguatkan arah dan sasaran pemberitaan Kolase.id, disepakatilah tagline Kolase.id, yakni: Sumbu Ekonomi Berkelanjutan. Dengan demikian, Kolase.id siap mendedikasikan dirinya di ranah ekonomi hijau, serta mendukung penuh arah dan kebijakan pembangunan rendah karbon.