Kolase.id – PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar Pesta Retail Kapuas di Taman Sepeda Untan Pontianak, Jumat (3/12/2022).
Pesta itu digelar dalam rangka mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong. Saat ini sudah lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC.
“Upaya ini terbukti memberikan dampak positif khususnya dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM,” ujar Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalimantan Barat Frans Zeno.
Zeno menuturkan kehadiran toko kelontong di SRC juga akan memberikan dampak terhadap peningkatan indeks ketahanan ekonomi pada desa-desa di Kalimantan Barat.
“Kami berharap seluruh paguyuban SRC juga dapat menjangkau sampai ke seluruh wilayah Kalbar, guna mendukung perekonomian dan penyediaan barang terutama bagi wilayah yang aksesnya masih sangat terbatas,” tutur Zeno.
Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5% terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9% dari total angkatan kerja nasional.
Sementara itu, Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Ivan Cahyadi mengatakan selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.
“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.
Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.
“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” kata Ivan.
Ia menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan. “Rangkaian Pesta Retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan,” pungkas Ivan.*