Orang Muda Ganjar Kalbar Libatkan Pemuda Gelar Bakti Lingkungan di Kayong Utara

Kampanye kreatif oleh Orang Muda Ganjar Kalbar ini sekaligus menjadi respons atas kampanye negatif yang acapkali muncul ketika kontestasi politik

Avatar
Orang Muda Ganjar (OMG) usai bakti lingkungan bersih-bersih Pantai Pulau Datok di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Foto: Dok OMG Kalbar.

Kolase.id – Relawan Ganjar Pranowo di Kalimantan Barat memilih cara unik dalam mengampanyekan sosok Gubernur Jawa Tengah itu sebagai calon presiden RI. Kelompok relawan yang menamai dirinya Orang Muda Ganjar (OMG) berkampanye sambil membersihkan Pantai Pulau Datok di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Melibatkan puluhan anak muda dari berbagai daerah di Kayong Utara, agenda OMG ini juga diselingi dengan diskusi seputar isu lingkungan dan pariwisata. Agenda bakti lingkungan yang dimulai sejak pagi hari itu pun diakhiri dengan deklarasi dukungan terhadap kader PDI Perjuangan tersebut.

“Kegiatan hari ini menjadi langkah awal kita untuk bisa bersama-sama dengan pemuda-pemudi di Kayong Utara untuk mendukung bapak Ganjar Pranowo sebagai presiden RI di 2024 mendatang,” kata Direktur Bidang Kampanye Pengurus Wilayah OMG Kalbar Heri Gunawan di Pantai Pulau Datok Kayong Utara, Minggu (29/1/2023).

Menurut Heri Gunawan, kampanye kreatif oleh Orang Muda Ganjar Kalbar ini sekaligus menjadi respons atas kampanye negatif yang acapkali muncul ketika kontestasi politik. Model kampanye seperti yang dilakukannya ini juga diyakininya lebih menarik simpati masyarakat dan sudah pasti memberikan dampak positif untuk lingkungan sekitar.

“Kita prihatin sebetulnya dengan kampanye-kampanye hitam yang rutin sekali muncul kalau sudah mau Pilpres, Pileg, maupun Pilkada. Karena itulah, kami menginisiasi gerakan seperti bakti lingkungan ini supaya masyarakat sadar bahwa ada alternatif lain untuk berkampanye sehingga tidak perlu lagi menjelek-jelekkan dan menebar kabar-kabar hoaks tentang calon lain. Tentu tidak semuanya setuju dengan cara kami berkampanye seperti ini. Akan tetapi, sudah pasti manfaatnya lebih jelas, minimal mengurangi sampah di tempat wisata yang kita cintai bersama,” tuturnya.

Heri menambahkan bahwa dalam setiap kegiatannya, OMG memang lebih fokus menyasar anak-anak muda. Hal itu dilakukan mengingat pemilih berusia muda menjadi populasi terbesar pada Pilpres 2024 mendatang.

“Target kita sampai 2024 nanti Pak Ganjar sudah memiliki basis pemilih muda yang solid dan kuat. Makanya kami terus terjun ke bawah dan membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat, salah satunya dengan kegiatan positif seperti bakti lingkungan ini,” pungkasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *