Kolase.id – Lion Air Group bersamaan dengan momentum Hari Perhubungan Nasional 2022, seluruh maskapai mengelar kampanye dalam mempermudah proses perjalanan udara, Lion Air Group telah menghadirkan dan menyediakan fasilitas terbaru pada perangkat Mobile Apps untuk menawarkan kemudahan para tamu (calon penumpang) saat melakukan pelaporan mandiri (App Check-in) sebelum keberangkatan.
Layanan “App Check in” terbaru yang memiliki keunggulan dengan nilai lebih “praktis atau tak perlu repot-repot lagi melakukan check in di bandar udara serta mengurangi kontak dengan keramaian atau mengurangi antrean”, sehingga menambah pengalaman sebelum terbang atau “pre flight” yang akan melakukan penerbangan Lion Air Group.
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan mobile Apps dirancang tampilan interface yang lebih segar (fresh) dan mudah digunakan (user-friendly), bagian dari upaya dalam meningkatkan kualitas layanan kepada setiap tamu.
“Khususnya dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih ketika mengakses informasi layanan dan rencana penerbangan dalam satu genggaman dan tepat waktu mobile dan realtime,” jelas Danang.
Download Mobile Apps sekarang! dari platform OS Android pada Google Play Store dan iOS melalui aplikasi Apple Store. Bertepatan momentum Hari Perhubungan Nasional, diperkenalkan/ diluncurkan program: penumpang yang download dan menggunakan untuk “App Check-in”, mendapatkan tambahan gratis 2kg.
Proses App Check-in lebih cepat, langkah praktis. Buka Mobile Apps dan pilih menu Online Check-In. Lalu masukkan kode pemesanan (booking reference number/ PNR) pada tiket yang terdiri enam karakter yaitu enam huruf kapital dan nama belakang (last name) atas nama tamu yang akan melakukan penerbangan.
Pahami tentang barang bawaan yang memenuhi aspek ketentuan keselamatan penerbangan (apakah tergolong barang berbahaya atau tidak). Kemudian pilih “lanjut” (continue) untuk proses check-in dengan memilih penerbangan dan nama tamu sesuai pada tiket yang akan mengikuti penerbangan (klik untuk memberi tanda centang pada kolom). Proses check-in pun selesai.
Adapu ketentuan App Check-in dari Mobile Apps antara lain para tamu (penumpang) yang memiliki tiket penerbangan Lion Air Group rute dalam negeri. Lalu para tamu secara personal (perseorangan) atau pembukuan maksimal 10 orang (group booking). Dapat dilakukan 2 – 6 jam sebelum keberangkatan. Selanjutnya berada di ruang tunggu (waiting room) terminal bandar udara yaitu 40 menit sebelum keberangkatan.
Layanan App Check-In, tidak tersedia untuk tamu dengan jumlah penumpang dalam satu tiket lebih dari 10 orang (group booking). Lalu tamu yang membutuhkan bantuan khusus di bandar udara. Misalnya penumpang dalam kondisi hamil, Unaccompanied Minor (UM) atau anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya.
Kemudian tamu dengan penerbangan lanjutan beda maskapai (airlines). Sebagai contoh penerbangan dari Batik Air (ID) dilanjutkan Lion Air (JT), Wings Air (IW) atau maskapai lainnya. Kategori bayi di bawah dua tahun yang tidak menempati tempat duduk. (*)