Kolase.id – Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 kembali hadir untuk mengajak milenial/Gen-Z berkontribusi pada Indonesia melalui wirausaha. Sebagai kompetisi dan ekosistem kewirausahaan inisiatif dari Wismilak Foundation, gerakan (movement) pada tahun 2023 ini membawa pesan #BerkaryaUntukIndonesia.
DSC Season 14 kali ini merupakan sebuah gerakan (movement) yang menitikberatkan pada menggali lebih jauh kekayaan alam Indonesia untuk menambah nilai (added value). Sehingga para entrepreneur dapat berperan aktif dalam memperkuat perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, dan mengurangi ketimpangan regional. Dengan mendorong kemandirian dan inovasi di tingkat lokal, gerakan ini berkontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif di Indonesia.
Melalui Campus Roadshow DSC Season 14 yang dimulai pada 30 Mei 2023, DSC kembali mengingatkan para generasi muda untuk mengirimkan ide bisnisnya dengan tema berkelanjutan yang mementingkan dampak sosial, budaya maupun lingkungan agar dapat terwujud dan berkembang. Seperti yang dijelaskan oleh Program Initiator DSC Season 14, Edric Chandra, para calon entrepreneur berkesempatan untuk bergabung dalam ekosistem DSC serta berpotensi mendapatkan akses pendanaan.
“Berdasarkan evaluasi, hibah modal usaha pada DSC Season 14 menjadi Rp2,5 miliar, naik dari tahun-tahun sebelumnya sebesar Rp2 miliar. Kami berharap penambahan hibah modal usaha ini akan memberikan lebih banyak kesempatan pada para entrepreneur untuk mendapatkan modal dan mentoring,” ujarnya dalam Campus Roadshow DSC 14 di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Selasa (30/5/2023).
Edric menambahkan, menjadi entrepreneur perlu memiliki visi dan tujuan yang jelas, berorientasi pada hasil dan memiliki sikap inisiatif proaktif. Bergabung dengan DSC Season 14 dapat membangun motivasi, mengembangkan ide, berinovasi dan belajar mengenal resiko bisnis. Hal ini memiliki value yang tinggi untuk generasi muda yang ingin memulai bisnis atau mengembangkan bisnisnya.
Pada Campus Roadshow kali ini, hadir salah satu anggota Diplomat Entrepreneur Network (DEN) yaitu Founder Nasi Kulit Syuurga, Hedar. Dirinya mengatakan bahwa wirausahawan muda dapat menggali potensi ide bisnis berbasis kearifan lokal sebagai sasaran produk kreatif milenial.
Berinovasi dengan kearifan lokal dapat meningkatkan nilai lebih dan daya jual produk lokal sehingga berperan memperkuat ekonomi bangsa dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.*